Fakta Unik Planet Mars dan Penjelasannya

Monday, August 6, 2012

Fakta Unik Planet Mars dan Penjelasannya - kabar baru seputar planet Mars yang dibawah oleh kendaraan penjelajah planet buatan NASA. Pesawat Penjelajah NASA yang bernama Curiosity baru saja mendarat di Mars pada Minggu malam. Planet tetangga Bumi ini telah menjadi objek utama penjelajahan luar angkasa selama berpuluh tahun.
Fakta Unik Planet Mars dan Penjelasannya

Fakta Unik Planet Mars dan Penjelasannya

Sudah tahu Fakta Unik Planet Mars dan Penjelasannya ?... Alasan berbagai penjelajahan luar angkasa ke planet ini sebagian adalah karena iklimnya pada 3,5 miliar tahun lalu, diyakini hangat dan basah layaknya bumi di masa awal.

Fakta Unik Planet Mars dan Penjelasannya

Namun ada fakta lain mengenai planet ini. Berikut adalah lima fakta lain Mars seperti dilansir Associated Press, Selasa (7/8/2012).

  • Udara Berbeda - Atmosfer di Mars berbeda dengan Bumi. Atmosfer Planet Merah tersebut sebagian besar terdiri dari Karbondioksida dengan sedikit nitrogen dan argon. Sementara itu, atmosfer Bumi merupakan campuran dari nitrogen, oksigen dan gas lainnnya.
  • Hari Lebih Panjang - Satu hari di Mars berbeda dengan di  Bumi. Satu hari di planet merah tersebut lebih lama sekira 40 menit ketimbang satu hari di Bumi.
  • Warna - Nama lain Mars adalah Planet Merah. Alasan penjulukan menggunakan nama tersebut adalah pemandangan di planet ini. Mars tampak berwarna merah-karat karena debunya yang kaya dengan besi.
  • Bobot Jadi Ringan - Gravitasi di Mars hanya sekira 38 persen dibandingkan gravitasi di Bumi. Ini bisa membuat bobot tubuh orang yang berada di sana jadi lebih ringan ketimbang di Bumi. Misalnya, Anda memiliki bobot 150 kilogram di Bumi, di Mars sana, bobot Anda akan berkurang menjadi 57 kilogram.
  • Panas dan Dingin - Suhu di Mars bisa bervariasi mulai panas sampai sangat dingin. Di garis khatulistiwanya, suhu Mars bis amencapai 80 derajat sedangkan di kutub suhunya bisa mencapai minus 199 derajat.
Demikianlah informasi seputar planet Mars. Ini adalah informasi penting atau fakta penting yang paling akhir tentang planet Mars. Semoga informasi yang berjudul "Fakta Unik Planet Mars dan Penjelasannya" dari HR Detik ini bermanfaat buat kita semua.
 
© Copyright 2010-2011 HRdetik All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.